Hidroponik, Kebun — January 17, 2020 at 7:20 am

Langkah-Langkah Membuat Cocopeat untuk tanaman hidroponik

by

Cocopeat yaitu produk dari kelapa yang telah diekstraksi seratnya diambil dari tempurung kelapanya atau lebih dikenal dengan sebutan sabut kelapa, cocopeat ini memiliki kemampuan untuk menahan / menampung cairan yang cukup banyak seperti spons, sehingga cocok dijadikan media menanam.

  1. Mengumpulkan sabut kelapa. kumpulkan sabut kelapa yang sudah kering karena sabut kelapa yang kering sudah siap untuk dijadikan cocopeat
  2. Mengurai sabut kelapa, untuk proses ini dibutuhkan mixer atau mesin pengurai, Pertama potong sabut kelapa menjadi bagian yang lebih kecil menggunakan gunting. Kemudian giling sekam kelapa ini dalam mixer.
  3. Mencuci, Setelah menghasilkan serbuk kelapa, Sobat dapat memprosesnya lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang optimal. Cuci dengan air untuk menghilangkan unsur-unsur seperti kalium, natrium dan klorida.

Pengaplikasian Cocopeat

1 kg Cocopeat dapat menampung hingga 16 liter air. cocopeat dapat meningkatkan porositas tanah karena kemampuanya menyerap banyak cairan, efeknya yaitu tanah akan menahan lebih banyak udara dan air sehingga sirkulasi serta drainase pada wadah juga akan lebih terjaga dengan baik.

untuk menggunakan cocopeat dalam pot anda hanya membutuhkan 4hal, yaitu :

  1. ambil 30% tanah netral
  2. lalu 20% dari cocopeat
  3. serta 30% kompos organik
  4. terakhir campurkan 20% serbuk kayu

lalu campurkan material material diatas menjadi satu, sekarang masukan media tanam yang siap ditanam .

Itulah cara membuat cocopeat yang sederhana dan sangat terjangkau jika anda ingin tahu tentang tanaman hidroponik bisa dilihat pada artikel berikut http://tanigaul.com/2020/01/08/berkenalan-dengan-hidroponik/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *