Umum — January 9, 2020 at 7:35 am

Pemerintah Siap Pasok Beras dan Ayam Ke Arab Saudi

by

Permerintah indonesia akan mulai mengekspor beras ke luar negri yaitu tepatnya pada timur tengah sebagai target pengiriman komoditas tersebut sebanyak 500.000 ton.

“Kita akan mengekspor beras ke Arab Saudi, paling tidak beras yang kita ekspor bisa digunakan untuk kebutuhan makan para jamaah haji dan umrah di sana,” kata Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Banun Harpini dikutip dari siaran pers, Jumat (13/12).

Tidak hanya beras indonesia juga memasok ke daerah timur tengah komoditas unggas seperti ayam dan sebagainya. Araba saudi hingga sekarng masih mendapatkan pasokan ayam dari negara brazil tetapi akibat adanya bakteri pada ayam yang dipasok maka semesntara pemasokan diberhentikan.

Mentri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa semua komoditas yang di expor ke arab saudi akan bersertifikat halal, karena indonesia merupakan negara yang mempunyai penduduk muslim terbesar di dunia mak dari itu semua yang di expor pasti halal.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi, Essam bin Abed Al-Thaqafi menyatakan, penandatanganan kerja sama antara Kementerian Pertanian Indonesia dengan Arab Saudi akan dilakukan dalam waktu dekat.

periode Januari-September 2019, nilai ekspor komoditas pertanian Indonesia ke Arab Saudi tercatat mencapai US$258,34 juta dan untk subsektor perkebunan menyumbang US$244,01 juta. Adapun nilai impor asal Saudi selama periode ini berada di angka US$4,79 juta. Dengan demikian, Indonesia menikmati surplus senilai US$253,54 juta.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *