Hidroponik — December 18, 2019 at 7:34 am

NFT ( Nutrient Film Technique ) System

by

NFT (Nutrient Film Technique) system

NFT merupakan kepanjangan dari Nutrient Film Technique. System NFT pada hidroponik ini merupakan system yang paling sering digunakan untuk melakukan budidaya tanaman hidroponik. Nft system pertama kali dikembangkan oleh r. A. J. Cooper di Glasshouse Crops Research Institute, Littlehampton, Inggris pada akhir tahun 1960-an. Konsep nft ini merupakan budidaya tanaman dengan aliran air yang dangkal sehingga tanamn memperoleh air, oksigen dan nutrisi cukup. Tanaman yang dialiri air dan nutrisi ini disikulasikan secara terus menerus dengan pompa air sehingga air yang digunkaan akan terus berganti.

Nft (Nutrient Film Technique) memiliki aliran nutrisi yang tetap sehingga tidak dibutuhkan timer pada pompa air.Larutan nutrisi yang ada di dalam pipa ini dipompakan kedalam growing tray atau bisa disebut juga tempat tanaman atau pot tanaman yang berupa pipa  yang nantinya nutrisi tersebut akan mengalir melewati akar tanaman dan akan ditampung ke bak penampungan.

Skema sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Technique)

  1. Netpot langsung menyentuh dasar gully/talang sehingga akar atau media tanam langsung terdiri air nutrisi.
  2. Talang dipasang miring agar air dapat mengalir secar terus menurus tanpa ada genanagan didalam talang. Kemiringan baisanya antara 5- 10 derajat.
  3. Airnutrisi dalam nft dialirakan secara terus menurus secara sedikit atau tips yang menyebabkan tidak ada genangan air ddidalam talang. Hal ini merupakan hal yang berbeda dari sistem yang lain.

Alat-alat yang dibutuhkan:

  • Talang air / gully
  • Pompa air/pompa akuarium/submerged pump
  • Pipa PVC
  • Media tanam (styrofoam, busa jika dibutuhkan)
  • Wadah atau bak air

Anggaran untuk membuat sistem NFT

Perkiraan biaya yang dikeluarakan yaitu untuk membeli 3 buah pipa sebesar Rp 600.000 hingga Rp 700.000. untuk penggunaan pipa yang harganya dibawah Rp 600.000 yaitu sebsesart Rp 300.000 sampai dengan Rp 500.000. Jika biaya masih kurang cukup bisa menggunkan kayu atau bambu sebagai solusinya.

System nft mempunyai beberapa kelebihan, diataranya  Pertumbuhan tanaman lebih signifikan daripada sistem budidaya yang lain

  1. Pertumbuhan tanaman lebih signifikan daripada sistem budidaya yang lain

Kenapa hail ini bisa terjadi, karena kebutuhan nutrisi, oksigen, air pada akar terucukupi sehingga tanaman akan dapat berkembang dengan baik.

2. Mudah dalam pengontrolan nutrisi tanaman

Nutrisi merupakan hal terpenting dalam budidaya tanaman hidroponik, dengan nutrisi yang cukup pada tanaman maka pertumuhan tanaman akan sesuai dengan keinginan. Kontrol nutrisi biasanya ada dalam bak penampungan air.

3. Pengendapan kotoran sangat sedikit pada talang atau pipa atau gully

Dari skema yang sudah dijelaskan tadi maka air yang dialirakan akan terus berganti sehingga air tidak akan kotor.

4. Pertumbuhan tanaman bisa homogen

Nutrtisi dan oksiegn serta air yang mengalir pada tanaman yang sama sehingga tanaman akan tumbuh secara bersamaan. Dengan adanya pertumbuhan tanaman yang sama makan tidak akan ada tumbuhan yang dominan atau lebih besar dibandingan tanaman yang lain agar tidak menganggu pertumbuhan tanaman yang lebih kecil.

Dari kelebihan diatas sistem nft juga mmepunyai beberapa kekurangan, diantaranya :

  1. Sistem ini sangat tergantung listrik

Nutrisi dan air yang digunakan untuk mengaliri tanaman  dikalkulasi menggunakan pompa iar yangmana pompa air ini tesambung dengan listrik jika, listrik mati maka pompa air akan berhenti dan mengakibatkan tanaman kekurangan nutrisi, air, oksigen. Maka sistem ii tidak cocok di daerah yang sering pemadaman listrik.

2. Penyebaran penyakit jamur yang ada di air akan sangat cepat

Kenapa hal ini bisa terjadi, karena air nutrisi yang terdapat jamur akan disirkulasi dan di alirkan ke tanaman sehingga tanaman akan otomatis terkena penyakit yang dibawa oleh air tersebut.

3.Biaya pembuatan mahal

Sistem ini tergolong mahal karena garus menggunakan penompang atau biasa disebut dengan gully, yang rata – rata harga gully Rp 100.00 per meter.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *